Minggu, 15 September 2024

Fotografi Siluet: 22 Tips dan Trik untuk Memotret Siluet (Bagian Kesembilan)


Berjalan! Foto Siluet
trisoenoe.com

Kediri, Tabanan, Bali, Minggu, 15 September 2024

Artikel ini merupakan sambungan atau kelanjutan dari artikel sebelumnya, yang berjudul: "Fotografi Siluet: 22 Tips dan Trik untuk Memotret Siluet (Bagian Kedelapan)", silahkan disimak.

17. Buatlah foto siluet yang dapat bertuturkata

Foto siluet memiliki kekuatan untuk menceritakan sebuah kisah dalam tutur kata yang paling sederhana. Singkirkan kekacauan, warna, dan kekacauan, dan yang tersisa hanyalah emosi dan tindakan mentah yang mengungkapkan banyak hal. Bayangkan adegan tentang seseorang yang berdiri menatap sang surya sambil diabadikan oleh rekannya, atau bayangkan tentang kegembiraan orang-orang yang menyaksikan matahari terbenam. Momen-momen seperti ini menceritakan kisah-kisah yang selaras dengan kita semua, dan pastinya akan dapat menimbulkan kenangan tersendiri pada yang melihat fotonya.

Merekam Lepas Senja - Foto Siluet
trisoenoe.com

Menambahkan lebih banyak elemen ke adegan dalam frame dapat menjadikan foto lebih dinamis. Bayangkan sebuah pasar yang sibuk dengan berbagai pedagang dan pembeli, semua object tersebut akan membentuk siluet di langit malam. Alat peraga juga bisa memperkuat tangkapan dalam foto. Bayangkan seorang nelayan dengan jaringnya, atau seorang musisi memainkan saksofon. Garis besarnya tidak hanya mengidentifikasi mereka tetapi juga mengungkapkan sesuatu yang mendalam tentang kehidupan atau hasrat mereka.

Seperti yang telah saya tuturkan di sepanjang artikel ini, sangat penting untuk menjaga garis besar subjek jepretan Sobat tetap bersih. Kesimpangsiuran serta keramaian dalam frame adalah musuh cerita siluet yang bagus! Jadi lakukan yang terbaik untuk menghindari tumpang tindih object dalam frame ini sebisa mungkin.

Satu nasehat yang (mungkin) penting: lingkungan dapat menjadi aktor pendukung dalam penceritaan Sobat. Siluet yang dibingkai dengan langit yang penuh badai dapat menambah drama, sementara matahari terbit yang damai dapat memberikan harapan atau awal yang baru.

Menara dalam Bayang Langit
Foto Siluet
trisoenoe.com

18. Jangan hanya memotret manusia

Kebanyakan fotografer siluet fokus pada orang, dan orang memang bisa menghasilkan subjek siluet yang bagus. Namun Sobat juga dapat menangkap bidikan yang indah dan orisinal dengan memfokuskan pada objek menarik lainnya.

Misalnya, Sobat dapat membuat siluet tangga (dengan turun rendah dan menembak ke atas), sebuah bangunan yang tegak dibalik bayang pepohonan, hewan peliharaan, pesawat, mobil, dan banyak lagi.

Sungguh, setiap kali Sobat melihat subjek dengan bentuk yang menarik, lihat apakah Sobat dapat menempatkan diri Sobat sedemikian rupa sehingga mendapatkan efek cahaya latar yang bagus, lalu cobalah memotret siluet yang jelas. Sobat sering kali gagal mendapatkan hasil yang diinginkan, namun terkadang foto akan tampak luar biasa.

Bersambung ke bagian kesepuluh.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Tag:
#Fotografi, #Tips Fotografi, #Siluet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar