Rabu, 31 Juli 2024

Fotografi Siluet: 22 Tips dan Trik untuk Memotret Siluet (Bagian Keempat)


Bayang Pepohonan - Fotografi Siluet
trisoenoe.com

Kediri, Tabanan, Bali, Rabu, 31 Juli 2024

Artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya, yang berjudul: "Fotografi Siluet: 22 Tips dan Trik untuk Memotret Siluet (Bagian Ketiga)", silahkan disimak.

6. Bingkai subjek Sobat dengan ruang negatif

Bahkan setelah Sobat memilih subjek yang tepat dan menemukan cahaya yang tepat, Sobat harus memperhatikan komposisi Sobat dengan cermat. Bidikan siluet terbaik cenderung menampilkan satu subjek (atau sekelompok subjek) yang dikelilingi oleh ruang kosong, seperti pada foto di bawah ini:

Sendiri! - Fotografi Siluet
trisoenoe.com

Ruang kosong (juga dikenal sebagai ruang negatif) membantu obyek dalam foto menjadi lebih "bergerak", dan juga akan lebih memfokuskan pemirsa pada subjek utama.

Salah satu triknya adalah memotret saat langit cerah dan tidak berawan; dengan begitu, Sobat tidak perlu menghadapi awan yang mengganggu. Sobat juga bisa mencoba memotret di area yang banyak ruang kosong (misalnya ladang, dataran berumput, tempat parkir).

Meskipun demikian, Sobat juga dapat menangkap siluet fantastis yang menampilkan lebih dari sekadar subjek plus ruang negatif. Jangan membatasi diri Sobat sendiri, namun pastikan Sobat hanya memasukkan subjek yang berkontribusi pada pengambilan gambar.

Gawang Langit! - Fotografi Siluet
trisoenoe.com

7. Mencegah perpotongan bentuk

Jika komposisi siluet Sobat mencakup beberapa bentuk, lakukan yang terbaik untuk memisahkannya. Seseorang yang berjalan bisa terlihat bagus, dan sebatang pohon bisa terlihat bagus, tapi jika orang tersebut dan pohonnya tumpang tindih, Sobat akan mendapatkan obyek dalam frame kekacauan yang membingungkan. Kedua bentuk tersebut akan bergabung menjadi satu, dan siapapun yang melihat foto tersebut tidak akan mengetahui apa yang menjadi fokus dalam foto yang Sobat hasilkan.

Sebaliknya, amati pemandangannya dengan cermat dan pisahkan hanya bentuk-bentuk yang sangat berbeda. Jika Sobat ingin menyertakan beberapa bentuk yang saat ini tumpang tindih, coba ubah sudut hingga bentuk tersebut terpisah.

Alternatifnya, jika Sobat memotret subjek bergerak, Sobat selalu dapat menunggu hingga subjek berubah posisinya.

Satu tip terkait: Jika Sobat memotret orang, Sobat mungkin ingin membuat siluet mereka di profil, bukan secara langsung. Dengan demikian, fitur-fiturnya (hidung, mulut, dan mata) akan terlihat jelas, dan akan lebih mudah dikenali oleh pemirsa.

Bersambung ke bagian kelima.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Tag:
#Fotografi, #Tips Fotografi, #Siluet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar