Selasa, 23 Juli 2024

Fotografi Siluet: 22 Tips dan Trik untuk Memotret Siluet (Bagian Ketiga)


Bersama! - Fotografi Siluet
trisoenoe.com

Kediri, Tabanan, Bali, Selasa, 23 Juli 2024

Artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya, yang berjudul: "Fotografi Siluet: 22 Tips dan Trik untuk Memotret Siluet (Bagian Kedua)", silahkan disimak.

4. Pastikan flash kamera Sobat tidak aktif

Foto siluet sering kali melibatkan pengambilan gambar dalam cahaya redup (di awal dan akhir hari), dan sebagian besar subjek siluet juga terlihat cukup gelap. Oleh karena itu, kalau kamera Sobat dalam mode Otomatis, kamera mungkin mencoba menyalakan lampu kilat, yang pastinya bakal merusak hasil jepretan.

Sebabnya, untuk menangkap siluet, Sobat perlu mendapatkan cahaya sesedikit mungkin di bagian depan subjek Sobat. Tujuannya adalah menjaga subjek tetap gelap dan latar belakang tetap terang, bukan kebalikannya.

Jadi pastikan flashnya dalam kondisi tidak aktif! Sobat mungkin perlu mengatur setelan kamera Sobat ke mode Prioritas Apertur atau mode Manual untuk mengontrol lampu kilat (dan seperti yang saya bahas di bawah, mode ini sangat berguna untuk memotret siluet!).

Menatap Senja - Fotografi Siluet
trisoenoe.com

5. Pasang lampu dengan benar

Pencahayaan siluet tidak berfungsi seperti pencahayaan fotografi biasa. Untuk mengambil bidikan ala konvensional, biasanya Sobat ingin memastikan bahwa subjek bakal disorot dari depan (sehingga sinar matahari datang dari balik bahu Sobat dan menyinari subjek Sobat) atau dari samping (sehingga matahari terbenam di sebelah kanan atau kiri Sobat. dan mengenai separuh subjek).

Namun saat Sobat ingin memotret siluet, Sobat harus membalikkan pendekatan ini. Temukan sumber cahaya utama, lalu pastikan sumber cahaya tersebut bersinar dari belakang subjek, bukan dari depan. Ingat, tujuannya adalah menjaga latar belakang tetap terang dan subjek tetap gelap. Sobat tidak memerlukan cahaya yang datang langsung dari belakang subjek, namun semakin terang latar belakangnya, semakin baik.

Itu sebabnya mudah untuk membuat siluet saat matahari terbit atau terbenam; Sobat dapat memposisikan diri Sobat sedemikian rupa sehingga Sobat memotret di bawah sinar matahari rendah, dan Sobat dapat membingkai subjek gelap dengan langit cerah sebagai latar belakang. Namun demikian, siluet dapat ditangkap pada tengah hari. Sobat hanya perlu mencari cara untuk memotret subjek Sobat dalam cahaya yang kuat. 

Bayang - Fotografi Siluet
trisoenoe.com

Beberapa contoh:


a. Berjongkoklah sehingga subjek Sobat dibingkai melawan sinar matahari sore yang tinggi

b. Foto dari bawah (misalnya, orang-orang berjalan di atas jembatan)

c. Carilah subjek bayangan yang berjalan di dekat dinding yang terang benderang

d. Foto di dalam ruangan dengan jendela terang

Bersambung ke bagian keempat.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Tag:
#Fotografi, #Tips Fotografi, #Siluet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar